Posted on

Waspadai Kata ‘Free’ di Mesin Pencari


LONDON – Pencarian kata ‘Free’ di mesin pencari disinyalir berhubung dengan program-program jahat. Pengguna internet diminta berhati-hati bila mencari kata dengan kata kunci ‘free’.

McAfee, seperti dilansir ZDnet, Jumat (16/9/2010) mengungkapkan pencarian free konten akan membawa pengguna ke situs-situs ‘sarang’ malware. Dicontohkan, pencarian ‘free music ringtone’. Kata tersebut berisiko 300 persen menyebabkan pengguna terinfeksi virus.

Malware, lanjut McAfee, juga menemukan bahwa sejumlah link yang menawarkan  free download terhubung dengan kelompok kejahatan cyber.

Malware sendiri merupakan program jahat yang diciptakan untuk mencari kelemahan software dan kemudian menyalahgunakannya demi kepentingan jahat. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi.

Sebelumnya menurut Panda Security, Sekira 25 persen penyebaran malware masih melalui perangkat-perangkat yang memiliki koneksi USB. Perangkat yang mudah menjadi media penyebaran program-program jahat tersebut diantaranya ponsel, flashdisk, eksternal hard disk, pemutar MP3, dan kamera digital.

Data Panda juga menyebutkan bahwa teknik pendistribusian Malware melalui perangkat USB sangat efektif. Dari sekira 10.470 perusahaan di 20 negara hampir 48 persennya terserang sejumlah jenis malware. dan tentu saja infeksi dilakukan melalui perantara USB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s